UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^

Mengantuk, Pilot Kira Planet Venus Sebagai Pesawat

[imagetag] Foto: Reuters
Seorang pilot Air Canada dikabarkan membawa pesawat yang dipilotinya menukik tajam. Pilot itu diketahui tengah mengantuk dan mengira Planet Venus sebagai sebuah pesawat yang harus dihindarinya.

Kejadian ini berlangsung pada berlangsung Januari 2011, tetapi lewat sebuah penyelidikan, fakta mengenai insiden baru diumumkan Senin 16 April kemarin. Akibat ulahnya ini 16 awak kabin dilaporkan terluka.

Peristiwa berawal ketika co-pilot baru saja terbangun dari tidurnya. Ditengah kegelapan malam, pilot tersebut terkejut melihat Planet Venus yang memang terlihat saat itu. Tetapi, pilot itu mengira planet tersebut sebagai sebuah pesawat yang hendak bertabrakan dengan pesawat yang dikendalikannya.

"Di bawah pengaruh inersia (kondisi dimana kewaspadaan menurun setelah terbangun dari tidur), co-pilot itu mengira ada sebuah pesawat yang berada di jalur penerbangannya," ungkap Badan Keamanan Transportasi Kanada seperti dikutip Reuters, Selasa (17/4/2012).

"Peristiwa ini menunjukkan betapa pentingnya mengatasi keletihan dalam dek pesawat," jelas penyelidik kecelakaan Jon Lee.

Insiden terjadi pada malam hari di pesawat berjenis Boeing 767 tersebut. Ketika peristiwa berlangsung diketahui baru saja lepas landas dari Toronto menuju Zurich, Swiss dan membawa 95 penumpang serta delapan awak kabin.
[imagetag] http://semuaunik.info/wp-content/uploads/2012/03/97bd3__pesawatku.jpg
Dari laporan disebutkan ko-pilot tersebut baru saja terbangun dari tidur lelapnya. Dirinya terkejut mengingat sebuah pesawat kargo milik Amerika Serikat (AS) terbang ke arah mereka. Pilot pun membawa pesawat menukik hingga turun mencapi 400 kaki, sebelum akhir kapten pesawat menarik tuas kendali.

Sekira 14 penumpang dan dua awak kabin terluka akibat insiden ini. Dikabarkan, semua korban terluka tidak mengenakan sabuk pengaman, meskipun peringatan penggunaan sabuk pengaman sudah dinyalakan.

Laporan insiden ini makin memukul Air Canada yang sebelumnya dihadapkan pada masalah ancaman mogok dari karyawannya.

Usai kecelakaan, pihak maskapai penerbangan terbesar di Kanada ini menyampaikan permintaan maafnya kepada penumpang yang terluka. Mereka pun memperingatkan para pilotnya untuk berhati-hati dalam bertugas.

[imagetag] http://krishnabalagita.files.wordpress.com/2010/05/pesawat_masa_depan_nasa-2.jpg

ZEE 18 Apr, 2012

0 comments on Mengantuk, Pilot Kira Planet Venus Sebagai Pesawat :

Post a Comment