UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^

OK Go - Band Indie Rock yang Kreatif membuat Music Video tanpa Perusahaan Rekaman

Spoiler for Kenalan dulu sama band-nya:

OK Go adalah sebuah band Indie Rock atau ada juga yang menyebut genre mereka Alternative Rock. Mereka berasal dari Chicago tapi sekarang personilnya menetap di Los Angeles.

Awalnya mereka berada dalam perusahaan rekaman Capitol. Kemudian akhirnya Damian Kulash, vokalis OK Go, memutuskan untuk keluar dari Capitol dan membuat label sendiri bernama Paracadute (baca: Parakadute, artinya: upward / naik ke atas).

Alasan OK Go keluar dari perusahaan rekaman dan menerbitkan sendiri karena selama dalam Capitol mereka tidak bisa membuat Video Music yang banyak dan sesuai dengan kreativitas mereka sendiri sebab dibatasi oleh perusahaan rekaman. Padahal Video Musiklah yang akan membuat pemusik terkenal.

Damian pun membuat ide-ide kreatif meski dibatasi dana yang sangat minim. Mereka kembali terkenal di Youtube namun hanya terkenal ke beberapa negara sekitar Amerika saja karena mereka tidak mempunyai dana yang begitu besar untuk promosi internasional.



OK Go pernah mendapat Grammy Award, Youtube Video Award, Dinominasikan dalam MTV Award. Mereka juga bernyanyi untuk soundtrack film New Moon dan SmallVille.

Spoiler for video musik sebelum mereka keluar dari capitol:





Spoiler for video musik buatan damian dan kakaknya Trish Sie:

video ini dibuat ketika mereka masih dalam label capitol. Tapi mereka banyak dihina karena video ini tidak kelihatan seperti video band rock. Menurut Damian, tidak salah membuat sesuatu yang berbeda. Rock itu musiknya, jadi apa videonya harus sama seperti video orang lain? Damian tidak setuju hal itu. Unik itu menarik.

Video ini mendapat Grammy Award. Dan sangat terkenal sampai ada audisinya.




Spoiler for video musik paracadute:

Quote:

mereka bekerja sama dengan perusahaan asuransi untuk dana pembuatannya. Banyak teknisi dari Massachusetts Institute of Technology yang ikut berperan dalam pembuatan karena mereka tertarik dengan ide gila Damian. Asli dan tanpa bantuan komputer, pembuatan selama enam bulan dan diulang berkali-kali

Quote:

ini video yang dibuat dekat danau, liat angsanya gan, seolah terlatih mengikuti mereka. Gara-gara video ini angsa itu jadi terkenal di Amerika.

Video ini slow motion. Kayaknya lelah ya kalau harus rekam dari pagi sampai sore keesokan harinya. Kreatif! Walau gak punya uang.

Quote:

yang ini videonya dibuat juga tanpa cut, dengan bantuan para pelatih anjing. Video ini diulang sampai lebih dari seratus kali satu hari, sampai-sampai kakaknya Damian yaitu Trish Sie (pemenang Grammy Award) menangis waktu melihat semua orang kelelahan.


Spoiler for ini proses pembuatan White Knuckles:


Quote:

Damian mencari sponsor ke Chevy (perusahaan mobil) dan perusahaan gitar. Keren banget! Gara-gara video ini OK Go terkenal lagi. Bahkan mereka menarik perhatian media massa Jepang dan acara-acara terkenal di Amerika.






Spoiler for Wajib baca:

Baru denger nama Band ini gan? Kita ambil nilai positifnya yuk..

Meskipun dibatasi oleh banyak hal tapi kreativitas yang baik harus selalu dikembangkan.

OK Go tidak punya dana untuk membuat karya-karyanya setelah keluar dari perusahaan rekaman, tapi mereka pandai mencari kerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar dan tetap kreatif meskipun mereka banyak dihina dan diremehkan karena berani melawan arus dalam dunia permusikan.

Damian Kulash berpendapat bahwa pendapat orang lain tidak penting kalau kita melakukan sesuatu yang positif, kreativitaslah yang paling berharga. Tentunya kreativitas yang baik, bukan sekedar cari sensasi.



Spoiler for TS mengharapkan:
:cendolbig


Spoiler for TS tidak mengharapkan:
:batabig


Mungkin ini bagus untuk ditiru dunia permusikan Indonesia.

0 comments on OK Go - Band Indie Rock yang Kreatif membuat Music Video tanpa Perusahaan Rekaman :

Post a Comment