UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^

sejarah kota TEGAL (jawa tengah)

Tegal adalah sebuah kota di Kabupaten Tegal , Indonesia . Hal ini terletak di pantai utara Jawa Tengah sekitar seratus kilometer dari Cirebon . Meskipun kota Tegal merupakan yang terbesar di Kabupaten, Slawi , sekitar dua belas kilometer selatan, adalah suburban nya.

Bersama dengan kota dekat Pekalongan , kira-kira lima puluh kilometer timur, Tegal adalah tempat asal-usul Hindia Belanda kolonial gula industri, dan kabupaten tetap merupakan pusat utama produksi gula sampai pertengahan abad ke-20.  Kota menjabat sebagai port untuk mengekspor gula diproduksi di perkebunan terdekat. Tegal terkenal dengan warung-nya, biasa disebut "Warteg" atau warung Tegal. Ia juga dikenal untuk produk-produk teh (yaitu dengan Teh Botol sosro, yang Tji tong, bau 2, gopek, dll)

Sejarah Kota Tegal

Kota Tegal merupakan perwujudan dari sebuah desa kecil bernama "Tetegual". Modernisasi desa dimulai pada awal 1530-an, ketika akhirnya menjadi bagian dari Kabupaten Pemalang daerah yang mengakui keberadaan Kesultanan Pajang di Jawa Tengah . Kekaisaran Pajang penerus Kesultanan Demak , yang didirikan oleh turunannya.

Kota ini dibangun oleh Ki Gede Sebayu. Bersama dengan penduduk setempat, ia terinspirasi untuk meningkatkan sektor pertanian di wilayah ini karena kesuburan tanahnya. Karena usaha untuk mengembangkan wilayah tersebut dan untuk menyebarkan iman, segera ia menjadi pemimpin tinggi dan simbol kota. penobatan Nya sebagai pemimpin diselenggarakan bersama dengan sebuah festival tradisional setelah panen pertanian besar. Sesuai dari peraturan daerah no. 5 / 1988, 28 Juli adalah hari ulang tahun kota Tegal
Di tahun 1920, kota ini menjadi pusat Partai Komunis Indonesia (PKI) aktivisme, dan para pemimpin radikal PKI cabang Tegal adalah antara penghasut pemberontakan 1926 yang menyebabkan kerusakan sementara partai itu.

Pada tanggal 8 Oktober, 1945 anti-"Swapraja", atau anti-feodalisme, gerakan yang disebut Gerakan Tiga Kawasan / "Gerakan Tiga Daerah" didirikan di Tegal, Pekalongan, dan Brebes. Tujuan dari gerakan ini adalah untuk menggantikan bupati darah biru (terkait dengan raja-raja dari Yogyakarta dan Surakarta ) dengan orang-orang biasa. Menurut para pemimpin gerakan ini, bupati tua itu bekerja sama dengan Jepang selama Perang Dunia II dan mengirim orang ke kamp-kamp kerja budak Jepang.

Pemimpin utama gerakan ini adalah Sarjiyo yang menjadi bupati Pekalongan yang baru. Pemimpin lain dari gerakan ini adalah Kutil, K. Mijaya dan Ir. Sakirman. Ir Sakirman adalah pemimpin lokal Partai Komunis Indonesia (PKI). Bupati tua ditangkap, ditelanjangi, dan diseret ke dalam penjara. pejabat pemerintah lainnya dan polisi diculik dan dibantai di jembatan Talang, Tegal. Gerakan ini juga mulai kerusuhan rasial terhadap etnis Cina di Brebes .

Pemerintah Republik Indonesia (RI) di Yogyakarta tidak setuju dengan gerakan ini dan menyatakan itu ilegal.
Pada tanggal 4 November 1945, gerakan ini menyerang markas tentara Indonesia dan kantor bupati di Pekalongan. Para pemberontak dikalahkan oleh tentara Indonesia dalam pertempuran sengit pada tanggal 21 Desember 1945. Kebanyakan para pemimpin gerakan ini ditangkap dan dilemparkan ke dalam penjara. Pemberontakan ini disebut Tiga Kawasan Affair.

Selama kerusuhan menyusul pengunduran diri Presiden Suharto pada tahun 1998, Tegal adalah tempat protes luas, dan kekerasan kadang-kadang, terhadap pejabat pemerintah daerah, terutama pada bulan Juni 1998.

Bahasa Tegal

Tegal memiliki bahasa sendiri yang dikenal sebagai Bahasa Tegal. Beberapa komedian Indonesia berbicara Bahasa Tegal karena logat lucu dan dialek. Mereka menyapa orang lain "Bagaimana kabarmu?" oleh "Kepriben kabare?"

Logat Tegal
Ini adalah praktek umum untuk panggilan 'Jon', 'Jack' atau 'Jakwir' untuk teman-teman mereka di Tegal. Ayah adalah 'Jasak' dan ibu adalah 'Jok'. Saudara muda adalah 'Yarig' dan saudara besar adalah 'Sahang' dan etc.
Dan banyak lagi hanya dipahami oleh 'Ortega' / Orang asli. tegal unik dari yang lain, pengaruh bahasa Arab untuk bahasa Tegal . Contoh: hatta, Walad, khoir, Ahlan wa sahlan, bakhil, majenun dll

Tempat menarik dan Bangunan di Tegal

Gunung Guci, air terjun belerang alami untuk penyembuhan penyakit kulit banyak
Pantai Alam Indah (PAI), pantai terkenal di Tegal
Alun-alun Tegal, yang terletak di depan Mesjid Agung Tegal (masjid)
Pasar Pagi Tegal, pasar terbesar di Tegal

Makanan terbaik untuk dicoba: sate kambing muda, poci itu, nasi Lengko
Tempat terbaik untuk makan: Pondok Makan Jalan teri (pokanjari), Jalan A Yani wilayah (di malam hari), Restoran di PAI, restoran Miraos, restoran Pi'an, Sate Ayam Marganda, dll
Pasar Burung di Pasar Senggol sebelah Alun-alun wilayah
Taman Poci: Taman kecil dengan taman bermain anak-anak dan area piknik terletak di depan Stasiun Kereta, disajikan dengan menjual makanan yang eksotik kioks Tegal dan terkenal The Poci
Tegal Train Station, menghubungkan banyak kota besar lainnya di Jawa

0 comments on sejarah kota TEGAL (jawa tengah) :

Post a Comment