UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^

Fungsi dan manfaat garam bagi tubuh

Garam, sebagaimana zat makanan yang lain berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih (asupan harian dianjurkan kurang dari 2,4 gram per hari). Tetapi garam juga bermanfaat bagi tubuh karena fungsi metobelismenya.
Komponen utama garam adalah natrium dan chlorida. Detailnya demikian : natrium bersama dengan klorin, membentuk sebagian besar garam meja dalam bentuk natrium klorida atau NaCl. Dalam tubuh, natrium berfungsi mengatur kontraksi otot, impuls saraf, tingkat air dan banyak hal lainnya. Setiap sel dalam tubuh memerlukannya dan lidah memiliki reseptor yang memberitahu otak saat garam telah memasuki mulut.
“Seluruh sistem tubuh anda disetel dengan baik, sehingga tubuh anda memastikan bahwa Anda menerima natrium cukup untuk bertahan hidup,” kata ahli biologi David Linemeyer, wakil presiden Senomyx, sebuah perusahaan riset dan pengembangan rasa di San Diego.
Tetapi jika Anda mengambil dalam natrium lebih dari yang dapat diproses ginjal, maka darah mempertahankan air, memaksa jantung untuk bekerja lebih keras sehingga meningkatkan resiko tekanan darah tinggi, serangan jantung, stroke dan kematian. Bahkan ketika orang mencoba mengurangi makan garam, mineral hampir tidak mungkin untuk dihindari. Lebih dari 75% natrium yang kita konsumsi merupakan hasil dari makanan olahan dalam kemasan. Sebagian khas Amerika keju mengandung 450 mg natrium. Rata-rata sebuah mangkuk sup ayam memiliki hampir 1.000 mg.
 Satu porsi cornflakes memiliki jumlah yang sama natrium bagel: sekitar 270 mg. Tujuh Triscuits menambahkan 650 mg.
Ada tingkat yang mengejutkan di restoran makanan beku, yaitu hampir 2.000 mg dalam makan steak Hungry-Man disiapkan, 3.300 mg dalam Olive Garden Ayam Parmesan dan 6.290 mg di Chili’s Buffalo Chicken Fajitas dengan tortilla dan bumbu-bumbu.
Lembaga Kedokteran menyarankan bahwa para produsen dan restoran secara bertahap mengurangi kadar natrium dari waktu ke waktu, dengan harapan bahwa selera kita secara bertahap akan berubah tanpa menderita apapun. Beberapa perusahaan, termasuk Campbell dan Kellogg’s, sudah mulai melakukan itu, tanpa banyak kampanye yang berlebihan.
“Ada kecenderungan sekarang di industri dengan perusahaan-perusahaan makanan bahwa produk mereka kurang asin,” ujar ahli kimia rasa Harshad Patel, direktur teknis di Kerry Bahan dan Flavors, sebuah perusahaan makanan yang berbasis teknologi Wisconsin. Itu mungkin karena orang cenderung untuk menolak makanan yang berlabel rendah sodium, katanya. “Mereka hanya mengurangi natrium perlahan dan bertahap sebesar 10% atau 20%, sehingga konsumen tidak akan berubah persepsi bahwa produk ini akan menjadi kurang enak karena tidak asin lagi.”
Menurunkan kadar garam secara bertahap tidak memecahkan semua perusahaan dalam menghadapi permasalahan produksi makanan, karena garam tidak lebih dari sekedar membuat sensasi rasa memuaskan. Hal yang sama terjadi pada rasa manis dalam cookie dan kue. Tanpa garam, sereal rasanya seperti kardus, keju cheesy kurang selera, sup tampaknya lunchmeat tipis dan lebih cepat expired.
Setiap kali sebuah perusahaan mencoba untuk menghilangkan garam dari resep makanan, ia harus menemukan cara untuk tetap menyimpan rasa maupun tekstur yang diinginkan.
“Ini adalah bahan yang luar biasa dalam banyak hal,” kata Patel. “Itu sebabnya kita berjuang dengan mencoba untuk menggantinya.” Apakah pengganti garam yang dapat mempertahankan rasa dan tekstur makanan? Kita tunggu hasil penelitian para pakar!



sumber  www.sehatsetiaphari.com

0 comments on Fungsi dan manfaat garam bagi tubuh :

Post a Comment