UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^

Buah-buah yang Sebaiknya Dihindari Saat Sedang Sakit

[imagetag]

Saat sedang sakit, banyak orang yang memberikan buah-buahan untuk dikonsumsi. Tapi sebaiknya pilih-pilih dulu karena ada beberapa buah yang sebaiknya dihindari saat sedang sakit.

Agar kondisi sakit yang dialami tidak semakin memburuk, sebaiknya ketahui buah apa saja yang patut dihindari. Berikut ini adalah buah-buahan yang sebaiknya dihindari saat sedang sakit:

1. Apel dihindari pasien ambeien

[imagetag]

Jika memiliki ambeien pasien disarankan menghindari buah apel terutama yang berwarna hijau, lalu diminta untuk mengonsumsi banyak air putih agar feses yang dihasilkan cenderung lunak.

Ambeien atau wasir kadang tidak hanya sekedar varises pada daerah anus tapi juga menyebabkan penurunan bantalan anus (anal cushion) yang bisa diakibatkan oleh berbagai macam sebab.

2. Jeruk dihindari pasien ambeien

[imagetag]

Selain apel yang berwarna hijau, orang dengan ambeien juga disarankan menghindari buah yang asam seperti jeruk. Selain itu hindari pula makanan yang bisa membuat feses keras seperti keju, serta makanan yang memicu rasa panas seperti cabai atau merica.

3. Durian dihindari pasien jantung

[imagetag]

Durian banyak dibilang sebagai buah yang sangat nikmat, tapi orang yang memiliki kelebihan berat badan (obesitas), tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan diabetes harus berhati-hati dan terbatas dalam mengonsumsi durian. Hal ini karena durian diketahui memiliki jumlah kalori yang besar sehingga memicu ledakan energi.

4. Wortel dihindari pasien sakit kepala

[imagetag]

"Orang yang sakit kepala sebaiknya menghindari wortel, hal ini karena senyawa karotenoid yang terdapat dalam wortel akan menempel di sel lemak otak yang bisa memicu sakit kepala. Kondisi ini juga sering ditemui pada orang yang hanya mengonsumsi atau minum jus wortel terus menerus selama sebulan," ujar dr Hardhi Pranata, SpS selaku Ketua Umum Perhimpunan Dokter Herbal Medik Indonesia (PDHMI), saat dihubungi detikHealth.

5. Mangga muda dihindari pasien maag

[imagetag]

Bagi orang yang memiliki penyakit maag lebih baik menghindari buah yang terasa asam atau kecut misalnya dari mangga muda. Serta untuk pagi hari sebaiknya dipilih buah yang netral sehingga tidak memicu sakit perut.

6. Pisang dihindari pasien migrain

[imagetag]

Salah satu komposisi dominan dalam buah pisang adalah tiramin. Oleh karena itu pisang dianggap sebagai pemicu kuat untuk sakit kepala dan juga migrain. Hal ini karena saat migrain, kadar tiramin yang tinggi dalam darah bisa menyebabkan vasokonstriksi (penyempitan pembuluh darah) di otak. Selain itu, orang dengan migrain juga kekurangan enzim yang dibutuhkan untuk memecah tiramin.

7. Pepaya muda dan nanas dihindari ibu hamil

[imagetag]

Pepaya muda yang masih mentah atau setengah matang kaya akan lateks yang diketahui dapat memicu kontraksi rahim, sehingga sebaiknya dihindari pada trimester akhir kehamilan.

Nanas juga dianggap tidak baik untuk ibu hamil karena banyak mengandung bromelain yang bisa menyebabkan pelunakan leher rahim sehingga mengarah ke persalinan dini, terutama pada trimester awal.

Sumber: health.detik.com
129798

0 comments on Buah-buah yang Sebaiknya Dihindari Saat Sedang Sakit :

Post a Comment