UNTUK CLOSE : KLIK LINK IKLAN DI BAWAH 1 KALI AGAR MELIHAT FULL ARTIKEL ^^

Kertas Golongan Darah yang Terinspirasi Diary Harry Potter


[imagetag] img

Buku diary yang bisa menulis sendiri dalam film Harry Potter menginspirasi para peneliti untuk membuat metode seperti ini dalam mengidentifikasi golongan darah seseorang.

Tim peneliti dari Monash University di Australia telah mengembangkan sebuah sensor berbasis kertas yang bisa menulis golongan darah sendiri. Sensor ini bisa membantu non-ahli dalam memberikan hasil yang cepat terutama pada situasi darurat dan bencana kemanusiaan.

Alat ini bekerja sesuai dengan sistem ABO yang mengelompokkan sampel darah dalam tipe A, B, O dan AB, serta mampu menginterpretasikan rhesus positif atau negatif. Misalnya golongan darah A akan menunjukkan antigen A, jika AB maka antigen A dan B, tapi jika golongan darah O tidak ada antigen sama sekali.
[imagetag] http://www.improbable.com/wp-content/uploads/2012/04/PotterPaper.png
Perangkat ini terdiri dari sensor yang dibuat dari sepotong kertas kecil dan dilapisi dengan lapisan hydrophobic yang menolak air, serta ada 4 'jendela' yang membuatnya bisa menyerap cairan.

Setiap 'jendela' ini dibentuk berbeda-beda seperti huruf A, huruf B dan O. Daerah ini diisi dengan antibodi yang berinteraksi dengan sel darah merah yang nantinya akan mengumpul atau menggumpal, tergantung dari golongan darahnya.

Ketika setetes darah tipe A mengisi kertas yang mengandung antibodi sesuai dengan tipe itu, maka sel-sel darah merah akan menjadi gumpalan dan terjebak dalam serat kertas sehingga hasilnya terlihat. Untuk jenis AB akan memberikan warna merah pada daerah A dan B.

Tapi ketika memiliki tipe darah O maka ia tidak berinteraksi dengan antibodi, karenanya peneliti membentuk daerah sebagai huruf X dan mengisinya dengan antibodi terhadap A dan B. Jika sampel tipe O, maka X menjadi putih dan O tetap merah.

"Perangkat ini bisa menguraikan jenis darah pasien melalui teks tertulis, sehingga orang akan tahu golongan darahnya dengan mudah," ujar Profesor Wei Shen dari Monash University, seperti dikutip dari BBC, Kamis (3/5/2012).

Studi yang dilaporkan dalam jurnal Angewandte Chemie ini menunjukkan akurasi yang sama dengan pemeriksaan darah di laboratorium, tapi memiliki harga yang lebih murah, cepat dan sederhana.


[imagetag] http://www.writerswrite.com/pics/paper_blood_test_wei_shen.jpg

ZEE 04 May, 2012

0 comments on Kertas Golongan Darah yang Terinspirasi Diary Harry Potter :

Post a Comment